Sabtu, 29 September 2018

Pengembangan Dan Manajemen Diri

Pengembangan Dan Manajemen Diri
Narasumber : Febian Fitra Maulana 
Pengembangan Diri adalah suatu proses pembentukan dan perwujudan dari merubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik 

Kegiatan – kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengembangkan diri :
  1. Meningkatkan kesadaran diri 
  2. Meningkatkan pengetahuan diri 
  3. Meningkatkan kemampuan atau mempelajari ketrampilan baru 
  4. Membangun atau memperbarui identitas atau harga diri 
  5.  Mengembangkan kekuatan atau bakat 
  6. Mengidentifikasi atau meningkatkan potensi
  7. Meningkatkan gaya hidup atau kualitas 
  8. Meningkatkan kemampuan sosial 
 3 keyakinan dasar untuk menuju sukses:
1.      Ia mau berubah
2.      Ia harus berubah
3.      Ia dapat berubah
Ketiga keyakinan dasar dapat terwujud apabila kita memiliki NIAT . jika kita memiliki niat yang kuat maka semua jalan menuju kesuksesan dapat terwujud.

Mahasiswa harus memiliki Double Track
1.      Track Akademik
2.      Track Organisasi atau Kepemimpinan
     Manajemen Diri
           Manajemen berasal dari bhasa Prancis kuno yaitu Management yang artinya seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen Diri merupakan seni pengaturan diri yang meliputi kegiatan perencanaan , pengorganisasian , pelaksanaan , dan evaluasi untuk mencapai tujuan


Macam macam Fungsi manajemen : 
      1. Fungsi Perencanaan
             Mencakup semua kegiatan yang ditujukan untuk menyusun program kerja selama periode tertentu pada masa yang akan datang berdasarkan visi
2. Fungsi Pengorganisasian
            Mencakup upaya untuk mengorganisasikan semua sumber daya untuk mencapai tujuan.
3. Fungsi Pelaksanaan
            Mencakup semua proses yang telah atau akan dilakukan
4. Fungsi Evaluasi
           Mencakup bagaimana seluruh kegiatan kita mengevaluasi diri seperti akan tetap melanjutkan atau berhenti.


Macam – macam manejemen diri :
1. Manajemen waktu
            Bagaimana kita bisa membagi waktu kita untuk kegiatan sehari hari
2. Manajemen perasaan
            Bagaimana kita bisa megolah perasaan emosi kita
3. Manajemen kegiatan
            Bagaimana kita bisa mebagi kegiatan yang diprioritaskan

Prinsip yang harus dipertimbangkan dalam manajemen waktu :
1. Menyusun rencana
2. Focus
3. Pelaksanaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar