Pengembangan Dan Manajemen Diri
Narasumber : Febian Fitra Maulana
Pengembangan Diri adalah suatu proses pembentukan dan perwujudan dari merubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik
Kegiatan – kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengembangkan
diri :
- Meningkatkan kesadaran diri
- Meningkatkan pengetahuan diri
- Meningkatkan kemampuan atau mempelajari ketrampilan baru
- Membangun atau memperbarui identitas atau harga diri
- Mengembangkan kekuatan atau bakat
- Mengidentifikasi atau meningkatkan potensi
- Meningkatkan gaya hidup atau kualitas
- Meningkatkan kemampuan sosial
1.
Ia mau berubah
2.
Ia harus berubah
3.
Ia dapat berubah
Ketiga keyakinan dasar
dapat terwujud apabila kita memiliki NIAT . jika kita memiliki niat yang
kuat maka semua jalan menuju kesuksesan dapat terwujud.Mahasiswa harus memiliki Double Track
1.
Track Akademik
2.
Track Organisasi
atau Kepemimpinan
Manajemen Diri
Manajemen berasal dari bhasa Prancis kuno yaitu Management yang artinya seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen Diri merupakan seni pengaturan diri yang meliputi kegiatan perencanaan , pengorganisasian , pelaksanaan , dan evaluasi untuk mencapai tujuan
Macam macam Fungsi manajemen :
Manajemen berasal dari bhasa Prancis kuno yaitu Management yang artinya seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen Diri merupakan seni pengaturan diri yang meliputi kegiatan perencanaan , pengorganisasian , pelaksanaan , dan evaluasi untuk mencapai tujuan
Macam macam Fungsi manajemen :
1. Fungsi Perencanaan
Mencakup semua kegiatan yang ditujukan untuk menyusun program kerja selama periode tertentu pada masa yang akan datang berdasarkan visi
2. Fungsi Pengorganisasian
Mencakup upaya untuk mengorganisasikan semua sumber daya untuk mencapai tujuan.
3. Fungsi Pelaksanaan
Mencakup semua proses yang telah atau akan dilakukan
4. Fungsi Evaluasi
Mencakup bagaimana seluruh kegiatan kita mengevaluasi diri seperti akan tetap melanjutkan atau berhenti.
Macam – macam manejemen diri :
1. Manajemen waktu
Bagaimana kita bisa membagi waktu kita untuk kegiatan sehari hari
2. Manajemen perasaan
Bagaimana kita bisa megolah perasaan emosi kita
3. Manajemen kegiatan
Bagaimana kita bisa mebagi kegiatan yang diprioritaskan
Prinsip yang harus dipertimbangkan dalam manajemen waktu :
1. Menyusun rencana
2. Focus
3. Pelaksanaan
2. Fungsi Pengorganisasian
Mencakup upaya untuk mengorganisasikan semua sumber daya untuk mencapai tujuan.
3. Fungsi Pelaksanaan
Mencakup semua proses yang telah atau akan dilakukan
4. Fungsi Evaluasi
Mencakup bagaimana seluruh kegiatan kita mengevaluasi diri seperti akan tetap melanjutkan atau berhenti.
Macam – macam manejemen diri :
1. Manajemen waktu
Bagaimana kita bisa membagi waktu kita untuk kegiatan sehari hari
2. Manajemen perasaan
Bagaimana kita bisa megolah perasaan emosi kita
3. Manajemen kegiatan
Bagaimana kita bisa mebagi kegiatan yang diprioritaskan
Prinsip yang harus dipertimbangkan dalam manajemen waktu :
1. Menyusun rencana
2. Focus
3. Pelaksanaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar